Polybia paulista, Tawon Brazil ini Ternyata Dapat Menjadi Senjata Ampuh Melawan Sel Kanker

Polybia paulista, Tawon Brazil ini Ternyata Dapat Menjadi Senjata Ampuh Melawan Sel Kanker


Mediatulis.com - Polybia paulista merupakan tawon agresif endemik yang hanya ada di bagian negara Brasil. Racun dari sengatan tawon Brasil ini dipercaya oleh para ilmuwan ternyata dapat membantu melawan sel kanker.

Para ilmuwan mengatakan bahwa racun yang ada pada sengatan tawon dapat membunuh sel kanker tanpa harus merusak sel normal.

Tim Universitas di Brasil mengatakan bahwa eksperimen ini mencakup sel tumor dan membuatnya membocorkan molekul vital.

Dilansir dari BBC Pengerjaan ini masih dalam tahap awal dan membutuhkan studi yang lebih lanjut untuk mengetahui bahwa metode yang akan aman untuk manusia.

Meski memang sengatan ini amat sangat menyakitkan namun ilmuwan semakin percaya bahwa hal ini mungkin bisa untuk jadi jalan keluar bagi para penderita kanker.



Di dalam racunnya tersebut terdapat sebuah zat yang dinamakan MP1 yang biasanya digunakan untuk menyerang buruan dan sebagai alat membela diri.

Dan studi terbaru di negara tersebut mencoba mengaplikasikan racun tersebut kepada seekor tikus dan menunjukkan bahwa racun ini dapat menemukan sel kanker dan menghancurkannya.

Prof Joao Ruggiero Netto dan koleganya tengah mencari tahu bagaimana caranya dan sedang meneliti racun ini menggunakan mikroskop.

Mereka menemukan MP1 ini berinteraksi pada molekul lemak yang kemudian didistribusikan di permukaan dari sel kanker, membuat lubang yang membentuk molekul sel tersebut bocor.

Dalam sel sehat, molekul yang sama tersembunyi di dalamnya. Jadi sel yang sehat harus menghindari serangan dari MP1, ungkap Biophysical Journal.

Pembantu peneliti yakni Dr Paul Beales, dari Universitas Leeds, mengatakan terapi kanker yang menyerang komposisi lipi dari sel membran akan sangat berbeda dari obat anti kanker.

"Ini bisa jadi sangat berguna untuk perkembangan kombinasi terapi baru, dimana beberapa obat digunakan secara beruntun pada pasien kanker dengan menyerang beberapa bagian dari sel kanker di waktu yang sama," ujarnya.

Dr Aine McCarthy, petugas informasi sains untuk Cancer Research di Inggris mengatakan:

"Penelitian awal ini membantu untuk mengerti bagaimana racun dari tawon Brasil ini bisa membunuh sel kanker di lab.

"Tapi, walau penemuan ini sangat menarik, masih banyak pekerjaan di lab dan percobaan secara klinik sebelum akhirnya kita akan tahu apakah akan ada obat yang ditemukan berdasarkan penemuan ini yang akan akan bermanfaat untuk para penderita kanker."



Fenomena Aneh dan Langka Saat Erupsi Gunung Sinabung ini, Hebohkan Netizen

What Do You Think!