Games! Cara Mengetahui Kemampuan Mata Kamu Melihat Warna, Berikut Penilainnya

Games! Cara Mengetahui Kemampuan Mata Kamu Melihat Warna, Berikut Penilainnya


Mediatulis.com - Kemampuan setiap orang untuk melihat warna ternyata berbeda-beda. Faktornya adalah perbedaan jumlah reseptor warna di dalam mata yang dimiliki tiap orang. Reseptor warna, atau sering juga disebut dengan sel kerucut merupakan sel penerima sinar di dalam retina yang bertanggung jawab terhadap penglihatan mata kamu.

Untuk mengetahui kemampuan mata kamu dalam mendeteksi berbagai warna, sebuah tes yang diciptakan test Prof Diana Derval dapat kamu lakukan. Dengan tes ini, kamu akan dapat mengetahui seberapa baik mata kamu melihat warna dunia, dan dapat membandingkannya dengan kemampuan melihat warna orang lain.

Caranya cukup sederhana yaitu dengan menghitung jumlah warna yang ada dalam foto spektrum warna di bawah ini.

Dari total jumlah warna yang bisa kamu lihat, maka kemampuan mata kamu adalah seperti berikut:

Jika kamu melihat kurang dari 20 warna

Kamu termasuk orang dengan penglihatan dikromat . Jenis penglihatan ini hanya memiliki dua jenis sel reseptor warna yang menyebabkan orang tersebut menjadi buta warna. Penglihatan ini dapat disamakan dengan penglihatan anjing yang hanya dapat melihat wana coklat, kuning dan biru namun memiliki area tangkapan yang lebih luas dari manusia. 25% populasi manusia adalah buta wana atau dikromat.

Melihat warna dengan jumlah antara 20 hingga 33 warna

Kamu memiliki penglihatan trikromat. Yang berarti mata kamu memiliki tiga jenis sel reseptor warna. kamu dapat melihat warna ungu, biru tua, hijau dan merah dengan baik. Ini adalah kondisi normal dari 50% penduduk di dunia ternyata memiliki jenis penglihatan ini.


Melihat jumlah warna antara 34 hingga 39

Kamu istimewa, karena memiliki penglihatan tetrakromatik. Ini hampir sama dengan penglihatan lebah. Yang membedakannya hanyalah, Kamu tidak mampu melihat spektrum ultra violet yang dapat dilihat lebah Tapi tidak bisa dilihat mata manusia. Kamu memiliki empat jenis reseptor warna yang berbeda dan mampu melihat mayoritas warna yang ada dalam spektrum.

Kamu mungkin tidak menyukai warna kuning. Hanya 25% populasi dunia yang mampu melihat semua warna dalam gambar spektrum diatas.

Pada kondisi yang amat langka ini, seorang berjenis penglihatan tetrakromatik bahkan mampu melihat hingga 100 juta warna. Concetta Antico, seorang yang memiliki kemampuan penglihatan langka ini dapat melihat langit malam berwarna safir dan violet dan sebuah mawar merah muda terlihat berwarna emas dan biru langit.

Nah sekarang coba deh bandingkan hasil tes ini dengan teman-temanmu. Mungkin kamu adalah orang dengan jenis penglihatan tetrakromatik namun belum menyadarinya sampai kamu mencoba hal ini.

 Kristina Pimenova, Bocah 9 tahun Yang Dijuluki Sebagai Wanita Tercantik di Dunia, Berikut Foto-fotonya

What Do You Think!