MISTERI! Mengapa Huruf C pada Plat Kendaraan Bermotor Tidak Di Gunakan Di Indonesia, Ini Alasannya

MISTERI! Mengapa Huruf C pada Plat Kendaraan Bermotor Tidak Di Gunakan Di Indonesia, Ini Alasannya


Mediatulis.com - Setiap kendaraan bermotor di Indonesia pasti mempunyai kode wilayah yang diwakili dengan simbol-simbol huruf. Simbol itu dapat dilihat dari penggunaan huruf  pada depan plat Nomor Tanda Kendaraan Bermotor (TNKB). Contohnya plat motor dengan huruf A di depannya yang berarti motor itu berasal dari daerah sekrasidenan Banten. Simbol Huruf B untuk Jabodetabek, dan Simbol Huruf D untuk Kabupaten Bandung, dan lain sebagainya hingga Z.

Pertanyaannya, Kenapa huruf C tidak digunakan sebagai kode wilayah di Indonesia?

Ilustrasi palu arit foto via liputan6
Berbagai spekulasi pun muncul perihal pertanyaan ini, Ada yang menyatakan bahwa huruf C merupakan lambang atau slogan yang identik dengan Partai komunis (communist). Mungkin Indonesia Ingin mengubur sejarah kelam di Indonesia itu. jadi, pemerintah indonesia tidak menggunakan C sebagai kode wilayah. Namun, pendapat tersebut tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Sebab lambang komunis yang paling terkenal ialah palu-arit bukanlah huruf C.

Lalu Apa yang melandasi pemerintah tidak menggunakan Huruf C sebagai kode wilayah?

Ilustrasi Mobil Zaman Belanda
Nah, ada yang berpendapat yang mungkin dapat digunakan untuk menjawab teka-teki tersebut. Pendapat ini, cukup logis jika dilihat dari sisi sejarahnya. Alasan tidak dipakainya huruf C karena pada zaman penjajahan. Kita tahu, sejarah penggunaan plat nomor kendaraan telah diterapkan sejak zaman Belanda. Ketika itu Indonesia masih menggunakan dua bahasa, Yaitu bahasa Belanda dan bahasa Indonesia dengan ejaan lama. Di dalam bahasa Indonesia ejaan lama atau yang dikenal dengan ejaan Soewandi, Abjad atau huruf C itu ditulis dengan huruf TJ.

Faktanya, tidak hanya huruf C saja, Ternyata ada beberapa huruf yang tidak digunakan untuk kode wilayah di TNKB, seperti J, X, I, dan O. Tapi rupanya, hal ini tetap menjadi misteri, kita hanya dapat menduga dan berpendapat tentang apa yang terjadi dengan huruf-huruf tersebut.

 Video - Bella Shofie Sedang Latihan Yoga, Netizen Malah Fokus Pada Sosok Wanita yang Muncul di Tv

What Do You Think!