Tips! Jangan Pernah Simpan Tomat Di Dalam Kulkas, Ternyata Ini Alasannya

Tips! Jangan Pernah Simpan Tomat Di Dalam Kulkas, Ternyata Ini Alasannya


Mediatulis.com - Tomat disimpan di dalam kulkas bukanlah satu alasan yang tepat untuk mengawetkan buah sayuran ini. kenapa? Tomat merupakan jenis sayur yang benar-benar akan menjadi lebih buruk saat masuk dalam kulkas.

Dilansir iflscience, dalam studi terbaru, dibuktikan bahwa sejumlah gen yang membuat rasa pada tomat akan menghilang ketika didinginkan.

Hal ini menjelaskan mengapa tomat yang ada di supermarket dan telah lama ditempatkan dalam tempat dingin rasanya akan jauh berbeda dari tomat segar yang di petik langsung dari petani.

Rasa tomat sendiri tercipta dari kombinasi gula, sam, dan volatil yang merupakan asam amino dengan cita rasa yang khas.

Sejumlah studi terdahulu telah membuktikan bahwa volatil ini akan menghilang saat disimpan dalam temperatur rendah.

Eksperimen dilakukan dengan cara menyimpan tomat pada suhu 5 derajat celcius dalam periode delapan hari. Peneliti kemudian melihat perubahan sekitar 25.879 gen yang ada pada tomat tersebut.

Hasil studi membuktikan bahwa gen yang mengontrol 12 volatil berbeda ini akan menurun drastis setelah dimasukkan ke dalam kulkas. Mereka kemudian juga mencicipkan rasa tomat ini pada sejumlah responden.

Hasilnya? Responden berkata bahwa tomat yang sudah masuk ke dalam kulkas rasanya tidak seenak tomat yang tidak di masukan ke dalam kulkas.

Spesifiknya lagi, peneliti berkata bahwa tomat yang disimpan kurang dari tiga hari di kulkas tidak akan kehilangan volatilnya.

Namun, jika disimpan lebih lama dari itu, zat volatil akan hilang secara permanen bahkan jika tomat diletakkan pada tempat hangat kembali.

Inilah ! 10 Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia Tahun 2016

What Do You Think!