UNIK! Mengintip Keindahan Dari Kampung Tua Bitombang Yang Berumur 400 Tahun

UNIK! Mengintip Keindahan Dari Kampung Tua Bitombang Yang Berumur 400 Tahun


Mediatulis.com - Bukan hanya keindahan wisata pantainya, Kabupaten Kepulauan Selayar juga memiliki obyek wisata lain yang tidak kalah menarik. Perkampungan Tua Bitombang merupakan salah satunya.

Kampung tertua ini berlokasi di Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Sulawesi Selatan. Perkampungan Bitombang dapat ditempuh selama 6 jam perjalanan darat dari Makassar.

Masyarakat di desa tersebut terkenal dengan keramah tamahan dengan siapapun orang yang datang. Mereka juga sangat terbuka jika ada orang yang ingin mempelajari tentang budaya mereka.

Dilansir laman goodnewsfromindonesia.org, Selasa 26 Oktober, rumah-rumah diperkampungan tertua ini telah berusia lebih dari 400 tahun. Dengan bangunan yang sedikit menjulang tinggi ke atas.

Menariknya, rumah dengan model "rumah panggung" tersebut disanggah dengan kayu yang setinggi 15-20 meter.

Desa Bitombang © 2016 mediatulis.com/goodnewsfromindonesia.org

Kayu yang digunakan oleh warga setempat juga bukan kayu sembarangan. Untuk rumah tersebut warga menggunakan kayu bitti/holasa yang dikenal sangat kuat dan mampu tahan hingga ratusan tahun.

Sedangkan untuk atapnya, warga di kampung tersebut menggunakan bambu. Untuk temboknya sendiri, rumah tradisional tersebut dibangun dengan menggunakan papan-papan dari kayu.

Rumah kayu tersebut juga biasanya dihuni oleh satu keturunan keluarga yang diwarisi secara turun menurun.

Untuk mendirikan rumah kayu ini, penduduk harus melakukan sebuah ritual khusus agar mereka selalu diliputi dengan keberkahan.

Dalam ritual tersebut parapenduduk setempat harus menanam sebuah jampi di sekitar tanah rumah tanpa diketahui oleh orang lain.

Berdasarkan mitos dari penduduk setempat, tinggi dari penopang kayu sebagai penyangga rumah merupakan lambang panjangnya usia penduduk desa.

Penghuni rumah unik tersebut masih mempunyai satu garis keturunan, salah satunya yakni nenek yang berusia hampir seratus tahun bernama Yaho.

Meskipun umurnya telah memasuki satu abad namun ia masih nampak kuat dan ingatannya pun masih tajam.

Di kawasan yang berbentuk memanjang ini wisatawan juga dapat melihat pemandangan yang mempesona dari kampung tersebut yang di lihat dari ketinggian.

Selain itu juga kampung tertua ini terlihat asri dengan bentangan bukit-bukit yang hijau.

So gaes! Kalo kalian berlibur ke Makassar coba deh untuk berkunjung ke kampung tertua ini, di jamin gak nyesel deh.

BUSET! Ini Emak-emak Ngerem Mendadak Di tengah Jalan, Lihat yang Terjadi Selanjutnya

What Do You Think!