5 Teknik Dasar Untuk Menjadi Seorang DJ Handal, Ternyata Mudah Lho

5 Teknik Dasar Untuk Menjadi Seorang DJ Handal, Ternyata Mudah Lho


Mediatulis.com - Kalian pasti deh tahu apa itu DJ. Yup, DJ atau disk jockey ini merupakan orang-orang yang mahir memainkan lagu dengan gayanya sendiri. Pada umumnya, seorang DJ akan memainkan lagu untuk acara pesta atau bergenre seperti dubstep.

Tapi tidak jarang juga DJ sering menggabungkan lagu dubstep dengan lagu yang bergenre lain, seperti pop, blues, progressive rock dan masih banyak lagi. Untuk menjadi seorang DJ itu ternyata gampang gampang susah lho gaes!

Mungkin, kamu hanya mengenal 1 teknik DJ, yaitu SCRATCH. teknik ini biasanya dapat menimbulkan suara 'cekit cekit' dalam sebuah lagu. Namun, sebenernya teknik DJ bukan itu aja Gaes.

Masih ada teknik-teknik keren lainnya. Nah, Sekarang kita akan membahas 5 teknik dasar untuk menjadi seorang DJ handal.

1. CUEING

Cueing merupakan cara menentukan titik start atau lebih mudahnya membuat posisi start sebuah lagu. Pembuatan Cueing ini dapat di lakukan di awal lagu atau di tengah-tengah lagu. Tergantung dari bagaimana kondisi dari lagunya juga.

2. BEAT MACHING

Beat maching itu ialah penyamaan ketukan. Seperti ketukan yang tidak sama dapat berubah menjadi sama. Misalnya nih gaes lagu yang pertama itu slow rock dan lagu yang kedua itu pop. Lalu dengan teknik beat maching ini nadanya nanti akan menjadi sama. Yang tentunya dengan mengikuti ketukan lagu yang pertama.

3. MIXING

Mixing ini sebenarnya hampir menyerupai dengan tekhnik beat maching. Namun untuk mixing lebih ditekankan kepada proses penyamaan equalizer gaes biar semua nada jadi harmonis gitu.

4. LOOPING

Looping adalah style memutar lagu berulang-ulang tergantung dari ketukan Nadanya gaes. Looping itu berfungsi untuk mengulur waktu demi menyamakan beat, Jadi saat kita denger seperti ada dua lagu. ternyata itu merupakan teknik loop yang dipadu dengan mixing.

5. CUTING

Sesuai dengan namanya CUT yang artinya memotong. Jadi teknik cuting ini merupakan memotong lagu sebelum lagu yang dimainkan itu habis. Teknik ini perlu timing yang tepat sebelum nyambung ke lagu berikutnya. Jika tidak tepat malah nantinya malah gak enak di dengar gaes lagunya.

Nah itulah 5 teknik Dasar Untuk Menjadi Seorang DJ Handal. Semoga Bermanfaat.

5 Aksesoris "Pokemon GO" Yang Harus Kamu Punya, Lucu-Lucu Lho!

What Do You Think!