6 Bunga Yang Enak Dimakan Mentah-Mentah Dan memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

6 Bunga Yang Enak Dimakan Mentah-Mentah Dan memiliki Manfaat Untuk Kesehatan


Mediatulis.com - Bunga memang nampak cantik jika di jadikan sebagai pajangan.Namun. Ternyata, bunga pun tidak hanya dapat dijadikan pajangan saja, melainkan bisa juga dimakan!

Nah! tapi jangan berpikiran mistis dulu ya! Di Indonesia sendiri budaya “memakan bunga” kerap dianggap tak lazim dan bahkan terkesan klenik.

Namun, ternyata bunga juga bisa digunakan sebagai unsur penting dalam resep, bumbu untuk hidangan.

Bunga yang dapat dimakan atau edible flower memang merupakan bunga yang bisa dikonsumsi secara langsung. Biasanya, bunga ini pun sering dijadikan topping  untuk kukis. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kukis akan terlihat cantik dan menggugah selera bila di sandingkan dengan bunga.

Edible flowers yang digunakan kebanyakan memang jenis tanaman dari subtropis. Misalnya lavender, oregano, basil, nasturtium alias trapaeolum dan masih banyak yang lainnya.

Uniknya Berikut ini adalah Enam bunga yang dapat dikonsumsi mentah-mentah dan memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak disarankan untuk konsumsi bunga dalam jumlah besar.

1. Mawar

Bunga yang satu ini sering populer saat hari valentine tiba. Bunga Mawar memang melambangkan cinta. Namun, setiap warna mawar memiliki artinya masing-masing.

Selain untuk hadiah dan pajangan, ternyata mawar pun bisa dikonsumsi. Kelopak bunga mawar dapat dijadikan garnish hidangan pencuci mulut.

Namun, buang terlebih dahulu kelopak mawar yang berwarna putih karena rasanya akan terasa pahit. Selain itu juga mawar pun bisa dijadikan selai dan teh juga.

2. Melati

Siapa yang tidak kenal bunga yang satu ini. Bunga dengan ciri khas wanginya ini selalu dianggap mistis. Bahkan, mendiang Suzanna pun suka memakan bunga yang satu ini.

Melati dapat digunakan sebagai pemanis kukis dan penambah aroma teh. Selain kukis, melati juga dapat dimasak dengan agar-agar dan puding.

Namun kalian harus berhati-hati dalam mengkonsumsi bunga ini karena ada beberapa bunga melati yang beracun, di antaranya dari keluarga melati Gelsemium dan Loganiaceae .

3. Chamomile

Bunga chamomile atau kamomil telah dijadikan “tanaman dokter” sejak lama. Tidak hanya karena kecantikannya, bunga ini memang memiliki banyak khasiat dan kerap digunakan untuk herbal.

Chamomile memiliki efek penenang, anti-inflamasi, anti-karsinogenik, dan dapat menyembuhkan luka. Biasa Bunga Chamomile sering dibuat teh dan juga dapat dimakan secara langsung.

4. Lavender

Lavender merupakan salah satu bunga yang banyak ditanam di rumah warga. Selain karna warnanya yang indah, bunga yang satu ini juga memiliki khasiat yang dapat mengusir nyamuk.

Bila ingin mengonsumsi lavender, kamu dapat gunakan kelopaknya pada kue, biskuit, puding, es sorbet , yoghurt, dan selai roti.

Dan Uniknya, kelopak bunga lavender ini juga dapat ditambahkan ke dalam semur atau saus agar semakin nikmat!

5. Krisan

Bunga Krisan sering dinikmati dalam bentuk teh di Tiongkok, memiliki sifat anti-oksidan dan mineral yang cukup tinggi.

Selain itu juga bunga ini mengandung vitamin C yang berguna untuk tubuh. Bunga ini juga mampu mengusir jerawat yang membandel. Bunga krisan pun sering dimanfaatkan juga sebagai bahan keripik dan puding yang enaknya.

6. Kembang sepatu

Bunga kembang sepatu juga biasa dikenal dengan sebutan Hibiscus. Selain dapat menghiasi taman dan rumah, bunga ini juga bisa dikonsumsi secara langsung. Untuk menikmatinya, bunga ini dapat dinikmati dalam bentuk teh.

Bunga ini memiliki kandungan antisianin dan antioksidan yang berkhasiat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Selain itu juga bunga kembang sepatu memiliki khasiat yang banyak untuk kecantikan. Bila ingin memiliki kulit yang mulus, badan ramping, dan selalu berenergi? Teh dari bunga kembang sepatu dapat menjadi solusinya.

Nah Itulah Enam bunga yang dapat dikonsumsi mentah-mentah dan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Intip Keindahan Interior Masjid Shah Cheragh di Iran 

What Do You Think!