6 Dampak Jika Donald Trump Menjadi Presiden Amerika Serikat

6 Dampak Jika Donald Trump Menjadi Presiden Amerika Serikat


Mediatulis.com - Dengan terpilihnya presiden Amerika yang baru. Donald Trump telah dinyatakan memenangkan kursi kepresidenan Amerika. Ia mendapatkan sekitar 57.204.543 suara yang berbeda tipis dengan pesaingnya dari Partai Demokrat takni Hillary Clinton yang memperoleh suara sekitar 56 juta suara.

Nah gaes, kira-kira apa ya dampak yang akan timbul jika Donald Trump menjadi presiden Amerika? Pasalnya, Amerika merupakan negara adidaya yang cukup berkuasa.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah dampak yang mungkin akan terjadi jika Donald Trump Menjadi Presiden Amerika.

1. Ekonomi Global

Dikutip dari kicauan dari akun Twitter @Strategi_Bisnis, kebijakan ekonomi Trump relatif tidak bersahabat dengan Negara-negara Asia. Kemenangannya kemungkinan akan berdampak buruk bagi ekonomi di Negara Asia.
Faktanya, setelah berita terpilihnya Donald Trump, pasar keuangan global langsung terjun bebas. Dan tidak hanya itu, rupanya ini juga berdampak pada rupiah di indonesia.

2. Keamanan dan Politik Dunia

Dilansir dari laman BBC, keberadaan Donald Trump pada kursi kepresidenan Amerika dapat berdampak pada situasi keamanan dan politik dunia. Diperkirakan akan ada peningkatan ancaman terhadap terorisme yang dampaknya akan menggoyang stabilitas ekonomi dunia.

Donald Trump juga pernah menyerukan pembangunan “tembok besar” di sepanjang perbatasan Amerika Serikat - Meksiko yang didanai oleh Meksiko, demi membendung arus imigran yang tidak memiliki dokumen resmi dan penyalur narkotika ke wilayah Amerika.

Dalam serangkaian kampanyenya, Donald Trump menginginkan semua keluarga teroris agar dibunuh. Dia pun ingin menginvasi Suriah dengan membasmi kelompok ISIS dan merebut minyak yang ada di sana.

3. Banyak Warga Amerika yang Pindah ke Kanada

Dilansir dari Marketwatch, Winer merupakan seorang kepala perdagangan ekuitas dari Wedbush Securities di Los Angeles, sesuatu yang menakutkan akan segera terjadi.

"Buruk bagi semua orang, buruk bagi Amerika Serikat," ujar Winer.

Kemenangan Donald Trump dan 'ekonomi kelas tiganya' dapat berimbas negatif yang cukup besar pada perdagangan dunia. Tapi Winer menekankan pada satu area justru dapat melejit.

"Akan bagus untuk Kanada, karena akan banyak orang yang bakal pindah ke sana," ujarnya.

4. Perdagangan Internasional

Donald Trump beberapa kali mengatakan dirinya akan bersikap agresif pada negara-negara asing yang mengalahkan Amerika dalam perdagangan internasional, di antaranya China, Jepang, Meksiko, dan Korea Selatan.

Pasalnya pada tahun 2011, ia sempat memberikan opini penerapan bea impor 25% atas barang yang didatangkan dari China, dan dalam salah satu kampanye-nya, ia juga mengancam akan menerapkan bea impor sebesar 35% pada otomotif merek Ford yang diproduksi di Meksiko.

5. Ketenagakerjaan

Donald Trump juga menolak menaikkan besaran gaji minimal yang berlaku, Namun ia menjanjikan akan memaksa perusahaan-perusahaan untuk memprioritaskan warga negara Amerika ketimbang imigran dalam memilih tenaga kerja.

Ia juga diketahui mengkritisi perusahaan Apple yang meskipun termasuk perusahaan Amerika namun memproduksi barangnya di negara China, dan mengisyaratkan akan memaksa perusahaan-perusahaan Amerika untuk membawa kembali produksi barang mereka ke dalam negeri.

6. Kebijakan Anti Muslim

Donald Trump telah menegaskan dalam kampanye-nya bahwa jika ia terpilih menjadi presiden AS, ia akan memberlakukan kebijakan anti-muslimnya tersebut.

Dalam salah satu pidatonya pada Senin 13 Juni 2016, terkait dengan penembakan Orlando, di depan para pendukungnya, Donald Trump tidak cuma melarang muslim untuk masuk Amerika namun juga menolak orang-orang dari negara yang terindikasi memilik sejarah 'terorisme'.

"Jika saya menjadi presiden AS, saya akan melarang mereka dari wilayah di dunia ini yang terbukti memiliki bukti sejarah terorisme melawan AS, Eropa, dan sekutu kita lainnya, sampai kita mengetahui bagaimana mengakhiri ancaman ini," kata Trump seperti dilansir dari situs CNN, Kamis (16/6/2016).

Dengan adanya kebijakan Anti Muslim ini akan berdampak pada beberapa negara-negara islam termasuk Indonesia.

Nah itulah 6 Dampak Jika Donald Trump Menjadi Presiden Amerika Serikat.

Inilah Alasan Mengapa Kita Jangan Menaruh Korek Gas Di Dalam Mobil 

What Do You Think!