Masjid Nurd Kamal di Kutub Utara Ini Kian Sepi Jamaahnya, Ternyata Ini Alasannya

Masjid Nurd Kamal di Kutub Utara Ini Kian Sepi Jamaahnya, Ternyata Ini Alasannya


Mediatulis.com - Norilsk merupakan sebuah kota yang terdapat sebuah masjid yang bernama Nurd Kamal. Masjid tersebut dapat dibilang merupakan satu-satunya masjid di Arktik yang masuk dalam wilayah Negara Rusia.

Mukum Sidikov yang merupakan penjaga masjid mengatakan "masjid di Kota Norilsk mampu menampung 50.000 jemaah". Dan jumlah tersebut hanya sekitar seperempat dari populasi penduduk yang mencapai 210.000 jiwa di kota tersebut.

Dilansir dari laman rehmat1.com. Sebagian besar mereka merupakan imigran dari Azerbaijan dan Dagestan. Mereka umumnya bekerja sebagai pedagang atau pekerja bangunan.

Akan tetapi karena tingkat upah yang kecil di bandingkan dengan kota-kota Rusia lainnya dan juga karena adanya pembatasan terhadap akses publik bagi orang asing maka penduduk muslim di rusia tidak lagi berdatangan ke Kota Norilsk.


"Populasi Muslim semakin kecil. Orang-orang banyak yang pergi," kata Sidikov.

Masjid Nurd Kamal berdiri megah di pinggiran Kota Norilsk, di mana suhu terendah disana dapat mencapai 50 derajat Celcius di bawah nol. Lebih dari 20 juta muslim di Rusia, sekitar 14% dari 140 juta penduduk dari negara itu.

"Ada banyak muslim, namun hanya beberapa yang datang ke masjid. Mereka bekerja sepanjang hari dan di malam hari mereka lelah," ujar Sidikov.

Masjid Nurd Kamal dididrikan pada tahun 1998. Masjid tersebut dibangun oleh Mukhtad Bekmeyev yang merupakan seorang dengan keturunan etnis Tatar dari warga asli Norilsk yang sekarang tinggal di Kota Sochi, sekitar Laut Hitam.


Pria ini membangun masjid tersebut dari nama orang tuanya dan kabarnya ia akan membiayai restorasi masjid tahun ini.

Sidikov juga mengatakan dahulu sekitar 500-600 jemaah biasanya hadir untuk melaksanakan shalat Jumat. Tapi sayangnya sekarang malah tidak ada sama sekali.

"Muslim harus datang ke masjid setidaknya sekali seminggu. Tapi kami tidak melihat itu di sini," ungkap Sidikov.

Sesosok Wanita yang Muncul Di Sebuah Danau di Jerman Ini Menjadi Viral  

What Do You Think!