Wow! Ternyata Kopi Dapat Membuat Mabuk, Begini Penjelasannya ilmiahnya

Wow! Ternyata Kopi Dapat Membuat Mabuk, Begini Penjelasannya ilmiahnya


Mediatulis.com - Kopi merupakan salah satu minuman favorit bagi kebanyakan orang di dunia terutama di indonesia. Meminum secangkir kopi di pagi hari dan sore hari memang rasanya sungguh nikmat di dampingi dengan cemilan.

Beberapa orang justru mengaku akan lemas bila tidak meminum secangkir kopi dalam sehari. Tapi, seperti minuman pada umumnya, Kalau diminum secara berlebihan kopi dapat menimbulkan efek yang negatif bagi tubuh. Seperti kita ketahui, kopi mengandung zat yang disebut dengan kafein.

Kebanyakan para ahli kesehatan menyarankan untuk kita membatasi asupan kafein sebanyak 400 miligram per hari. Yang berarti minum kopi harus dibatasi hanya empat cangkir dalam sehari. Kalau lebih dari itu dikhawatirkan akan menimbulkan keracunan karna kafein.

Keracunan kafein ini biasa disebut dengan mabuk kopi. Ini adalah gangguan 'kejiwaan' yang banyak dialami pencinta kopi dan biasanya tidak terasa hingga seseorang mengkonsumsi 1000 mg kafein per harinya.

Alhasil, Bila terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan ‘mabuk’ kopi dengan gejala seperti resah, suasana hati yang tidak menentu, mudah sekali marah, depresi, pusing, sulit untuk ber-konsentrasi, insomnia, hiperaktif, hingga perasaan deg-degan.

Dikutip dari popsugar.com, Minggu 30 Oktober 2016, Berdasarkan hasil penelitian DNA terhadap 3.000 pencinta kopi, ditemukan sebuah variasi gen yang disebut dengan "PDSS2". Variasi gen ini dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memecah kafein di dalam tubuh.

Yang berarti kafein yang telah ada dalam sistem tubuh akan tetap berada di sana tanpa diproses sama sekali oleh tubuh ketika seseorang minum kopi kedua, ketiga, atau keempat kalinya.

Alhasil, ketika orang lain dapat memproses kafein dalam tubuh mereka secara normal, orang dengan variasi gen "PDSS2" akan mengalami masalah dalam memecah kafein di dalam tubuh.

Ada satu solusi untuk menghindari mabuk kopi ini yaitu megnurangi porsi men-gonsumsi kopi tersebut.

Jika merasa pusing setelah meminum secangkir kopi, maka kurangilah menjadi setengah cangkir. Selain itu, jika sensitif terhadap kafein emakin tinggi, maka lebih baik Anda untuk meninggalkan kebiasaan meminum kopi.

 Wow! Ternyata Di Indonesia Ada Pemandian Air Soda Seperti Di Venezuela, Berikut Penampakannya

What Do You Think!