Bekal Untuk Anak Agar Mampu Beradaptasi dengan Lingkungannya Dengan Baik

Bekal Untuk Anak Agar Mampu Beradaptasi dengan Lingkungannya Dengan Baik


Mediatulis.com - Pada masa pertumbuhan anak ternyata ada lima hal penting yang harus selalu diperhatikan para orang tua, yaitu aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi, dan keterampilan sosial.

Keterampilan sosial merupakan hal terpenting bagi anak. Karna, dengan memiliki keterampilan sosial anak mampu bekerjasama dengan orang lain di masa pertumbuhannya dan memiliki rasa percaya diri sehingga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang baik.

Keterampilan sosial ini memiliki hubungan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap karena status nutrisi memiliki hubungan dengan masa tumbuh kembang sosio-emosional anak dalam pertumbuhannya.

Anak yang terlengkapi nutrisinya dapat menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik, serta berpotensi untuk memiliki keterampilan sosial yang lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi.

Dilansir dari laman Tempo. Dokter spesialis gizi Dian Permatasari, mengatakan nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. Dengan terpenuhinya nutrisi yang tepat dan lengkap, anak akan menjadi lebih sehat.

Salah satu ciri anak yang sehat ialah, Anak akan mudah beradaptasi dengan lingkungannya, yang merupakan salah satu hasil dari keterampilan sosial yang dimiliki anak tersebut.

Senada dengan Dian Permatasari , psikolog Anna Surti Ariani menambahkan juga dengan menjadi anak yang sehat dapat menjadi landasan utama seorang anak mampu memiliki keterampilan sosial yang baik.

Dengan tubuh yang sehat dengan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik, ia akan mampu menjadi anak yang lebih tahan menghadapi stres, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan akan menjadi anak yang supel di kemudian hari," Ujarnya.

 Uniknya Ritual Pengusiran Roh Jahat Oleh Seorang Dukun di Siberia

What Do You Think!