Inilah, 12 Tips Agar Berolahraga Lari Terasa Lebih Menyenangkan

Inilah, 12 Tips Agar Berolahraga Lari Terasa Lebih Menyenangkan


Mediatulis.com - Olahraga lari memang baik untuk kesehatan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga ini juga ternyata dapat memperbaiki suasana hati, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko terserang berbagai jenis penyakit, serta masih banyak lagi dari manfaat lari ini.

Anda tidak perlu menjadi pelari profesional serta mengikuti berbagai kejuaraan maraton di berbagai tempat untuk merasakan manfaat dari berlari ini. Tapi untuk mereka yang telah terbiasa berlari, ada baiknya Anda memperhatikan saran yang dirilis Huffington Post berikut agar Olahraga lari ini terasa makin menyenangkan.

1. Jangan terlalu memaksakan diri Anda saat berlari

Jangan terlalu memaksakan diri untuk berlari sejauh 5 kilometer dalam waktu yang cukup singkat hanya karena melihat orang lain mampu melakukannya. Lari sehat itu bukan lomba, jadi tidak perlu memaksakan diri untuk mengejar catatan waktu terbaik kamu kecuali kamu adalah seorang Attlet.

2. Cari cara agar olahraga ini terasa menyenangkan

Sesuatu yang menghibur dapat membantu menjaga semangat Anda untuk terus berlari. Berlari sendiri untuk jarak yang cukup jauh dan rutin dilakukan dapat cepat membuat Anda bosan. Cobalah cari cara untuk membuatnya tetap terasa menyenangkan, misalnya saja dengan sambil mendengarkan musik atau mencari rute dengan pemandangan yang indah.


3. Pilih sepatu yang tepat

Sepatu yang berkualitas buruk dan tidak membuat Anda merasa nyaman akan dapat menyebabkan cedera pada kaki. Jadi, pilihlah sepatu yang berkualitas baik dan tepat yang memang di design untuk pelari yang sesuai dengan bentuk kaki Anda juga serta rute yang akan Anda lalui.

4. Hindari permukaan keras

Jika bisa, hindari rute dengan permukaan yang keras, misalnya jalanan beraspal, karena ini dapat meningkatkan risiko cedera pada tulang kering. Permukaan tanah atau pasir mungkin akan lebih bersahabat.

5. Jangan mudah menyerah

Jika Anda merasa tidak ada kemajuan setelah rutin berlari selama beberapa minggu belakangan, jangan menyerah. Kemajuan tidak bisa didapat secara instant melainkan di dapat secara bertahap.

6. Atur nafas sebaik mungkin

Perhatikan juga cara mengambil dan membuang nafas ketika berlari. Jangan sampai Anda terengah-engah yang akhirnya akan membuat Anda mengalami kram.

7. Coba Selingi dengan berjalan

Merubah kecepatan dari lambat ke cepat atau sebaliknya memang tidak ada salahnya. Namun, Akan lebih baik lagi jika olahraga lari ini Anda selingi dengan berjalan kaki.

8. Tentukan target

Berapa target jarak yang Anda kejar, 10 km atau 15 km? Cobalah untuk tetap menjaga target jarak tempuh Anda dan jangan mengubahnya.

9. Pilih irama yang tepat

Jika Anda berlari sambil mendengarkan musik, pilihlah irama yang tepat yang dapat memacu semangat, bukan malah sebaliknya, jangan pilih irama yang membuat Anda dapat mengantuk irama yang mendayu-dayu.

10. Jaga kecepatan

Tidak perlu terprovokasi Jika ada orang di sebelah Anda berlari lebih cepat larinya dan melewati Anda. Cobalah untuk tetap menjaga kecepatan agar tetap stabil.

11. Cari teman berlari

Terkadang teman dapat membantu anda ketika anda merasa bosan saat berolahraga ini. Jadi Sebaiknya Anda mencari teman agar dapat memecah suasana selama berlari.

12. Ajak hewan Peliharan

Sama seperti teman dalam berlari, Anda juga dapat mengajak hewan peliharaan anda untuk berolahraga. namun pilihlah hewan yang mampu berlari dengan irama anda, seperti Anjing atau kucing. 

Nah Itulah 12 Tips Untuk berolahraga lari Terasa Lebih Menyenangkan. Semoga Bermanfaat

 Inilah! 6 Kesalahan Yang Harus di Hindari Ketika Ingin Membeli Rumah Idaman

What Do You Think!