Lima Fakta Menarik Tentang Kucing Emas atau Golden cat

Lima Fakta Menarik Tentang Kucing Emas atau Golden cat


Mediatulis.com - Kucing Emas merupakan jenis kucing yang misterius dan sangat sulit untuk dijumpai sekarang ini, sangat sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekologi dari kucing jenis ini, termasuk populasi mereka yang berada di dalam kawasan Asia. Pola hidup kucing emas ini belum diketahui secara pasti.

Kucing Emas yang kerap di sebut Golden cat atau Fire cat, hewan ini termasuk salah satu hewan yg ikut dikampanyekan untuk dicegah atas kepunahannya. Kucing emas yang bahasa latinnya "Catopuma temminicki" adalah salah satu dari tujuh jenis kucing yang hidup di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Ciri utama dari Kucing Emas ini adalah hampir seluruh tubuhnya berwarna cokelat ke emas-emasan yang sesuai dengan namanya namun ada juga yg berwarna abu-abu dan coklat tua.

Nah Mediatulis kali ini ingin membahas Fakta menarik perihal kucing emas ini, simak ulasan berikut.

1. Hewan Ini Sangat Langka

Pada tahun 2008 silam, IUCN telah mengklasifikasikan kucing emas Asia sebagai hewan yang terancam kepunahaannya, dan IUCN menyatakan bahwa spesies ini mendekati kualifikasi sebagai Rentan karena tekanan perburuan dan hilangnya habitat di alam liar.

2. Hewan Soliter atau Hidup Mandiri

Kucing emas merupakan hewan yang lebih suka hidup sendiri (soliter). Tapi ketika telah menemukan pasangannya, kcuing ini akan setia pada pasangannya tersebut dan akan berburu bersama-sama.

3. Lebih Aktif Pada Malam Hari

Kucing emas ini merupakan hewan yang lebih banyak aktif di malam hari. Namun terkadang kucing ini juga dapat terlihat di siang hari. Mangsanya antara lain adalah tikus, reptil, burung, rusa muda, kambing, hingga anak kerbau.

4. Mahir Memanjat

Kucing emas ini ternyata mahir memanjat, Walaupun kucing ini mahir memanjat namun kucing ini cenderung lebih senang berburu di permukaan tanah.

5. Hewan Bertuah

Kucing emas yang misterius ini digolongkan sebagai hewan langka yang dikeramatkan oleh penduduk lokal. Banyak mitos ghaib yang berkembang dikalangan masyarakat lokal mengenai kucing emas ini, seperti sebagai hewan bertuah, bagian tubuhnya yang dapat dijadikan jimat, hingga menjadi penangkal ilmu teluh atau santet. Mitos tentang kucing emas ini justru membuat kucing hutan ini semakin langka.

Nah Itulah 5 fakta menarik tentang kucing emas ini. Semoga bermanfaat.

Referensi : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_emas_Asia
http://kucinggue.blogspot.co.id/2012/12/mengenal-kucing-emas-kucing-yang-penuh.html
https://alamendah.org/2012/03/15/kucing-emas-kucing-misterius-sarat-mitos/

Makhluk Misterius Keluar Dari Perut Laba-Laba Mati, Ukurannya Lebih Besar Dari Hewan Tersebut

What Do You Think!